Muhtarom: Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian

“Ini sudah teruji berapa kali negara kita ini dilanda krisis hanya sektor pertanian yang bisa mempertahankan roda perekonomian di Indonesia kita ini”

Anggota DPR RI Muhtarom mengadakan bimtek bagi penyuluh pertanian di dapilnya

Anggota DPR RI Muhtarom bersama dengan Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Madiun. Adapun tema yang diangkat adalah ‘Strategi Budidaya dan Pengembangan Olahan Kelor Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat’.

Bagi Muhtarom, sektor pertanian telah menjadi tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia. Peran para petani dan penyuluh dinilai vital menjaga kedaulatan pangan. Tentu, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi perhatian Muhtarom agar sektor pertanian Indonesia tetap tangguh meski dilanda krisis pasca Pandemi Covid-19.

“Hanya satu sektor yaitu pertanian yang masih bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini,” tegas legislator dapil Jawa Timur VIII itu.

Lebih lanjut, wakil rakyat Fraksi PKB itu menyatakan bahwa bimtek ini adalah impian kecil bagi para petani dan penyuluh. Dimana, akan berdampak untuk meningkatkan kapasitas dan menambah pengetahuan para petani beserta penyuluh, khususnya daun kelor di Kabupaten Madiun.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika penyuluh mampu bekerja secara optimal, maka akan memberikan hasil yang lebih baik. Dimana, pertanian Indonesia bisa meningkatkan produksi dan produktivitas, kualitas dan kontinuitas produksi, usaha tani yang berorientasi bisnis dan menguatkan kelembagaan petani menjadi kelembagaan ekonomi menuju korporasi berbasis kawasan.

Senada dengan Muhtarom dan Syahrul Yasin, Wakil Direktur II Polbangtan Malang Hamyana menambahkan, melalui bimtek ini, akan meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian terutama para petani milenial. Melalui kegiatan tersebut diharapkan memberikan pencerahan beserta bantuan bimbingan kepada para penyuluh dan petani sebagai pemberi manfaat agar dapat membuka wawasan pertanian di Indonesia yang lebih baik. •ts/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)