Menteri Jangan Males Bales Chat WA

“Online tapi kok males bales chat!… Oh mungkin bukan prioritas, atau dianggap gak penting. Emm… mudah-mudahan enggak gitu lah ya”

Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus. Foto: Oji/nvl

Saat Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia akhir Mei lalu, ramai-ramai Anggota Komisi VI menyidir dengan nada satir karena pesan yang dikirimkan oleh Anggota Komisi VI DPR RI kepada Menteri Bahlil melalui aplikasi WhatsApp (chat WA-nya) tidak kunjung dibalas. Padahal sebelum dilantik menjadi menteri, menurut Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Bahlil ‘gercep’ (gerak cepat) untuk membalas WA.

“Tapi saya mau protes nih, semenjak jadi menteri susah sekali dihubungin, sebelum jadi menteri tiap kali WA baru terkirim, udah ada balasan. Begitu jadi menteri, pontang panting kita nunggu balasan,” sindir Deddy dengan nada candaan.

Meskipun begitu, sebelum dia menyindir dengan kelakarnya, Deddy tak lupa mengucapkan selamat atas pelantikan Bahlil, menjadi Menteri Investasi. Setelah Deddy melontarkan sindiranya dengan candaan, seketika Anggota Komisi VI lainnya, Darmadi Durianto mengatakan, “Kalau itu saya setuju, kalau di-WA lama balasnya.”

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. Foto: Oji/nvl

Membalas komentar Darmadi, Deddy menambahkan, “sebelum jadi menteri gak gitu pak. Baru sampe Truno Joyo udah ada balesan. Jadi mudah mudahan komunikasi, kita jadi lebih enak Pak Menteri,” imbuh Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Disindir seperti itu, bahlil pun terlihat tergelak dan memahami dengan kondisi candaan sebagai salah satu cara untuk mencairkan suasana di ruang rapat. Sementara itu Wakil Ketua Komisi VI Mohammad Hekal, yang saat itu memimpin rapat mengatakan, “nanti itu dikasih tanggapan khusus,” ujarnya.

Tak jarang Anggota DPR sering menyampaikan aspirasi langsung kepada para menteri. Tujuannya agar menteri bisa langsung memberikan tanggapan, atau bahkan tindakan langsung atas aduan yang disampaikan kepada oleh para wakil rakyat. Maka komunikasi melalui pesan aplikasi dinilai efektif mengadukan masalah yang ditemukan Anggota DPR di lapangan. l eko/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)