Maria Lestari: Dukung Inovasi Sektor Pertanian di Kalbar

Anggota DPR RI Maria Lestari mendukung pengembangan sub sektor pertanian dan satu di antaranya datang dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar dengan menghadirkan Varietas Unggul Baru (VUB). 

Anggota DPR RI Maria Lestari (kanan) usai meninjau panen padi VUB di IP2TP Sungai Kakap, Pontianak. Foto: Ist/nvl

Maria menyampaikan dukungannya saat meninjau panen padi VUB di IP2TP Sungai Kakap, Pontianak. “Saya bersama BPTP mendukung percepatan taman pangan dalam kegiatan sektor pertanian di Kalbar dengan anggaran yang cukup besar berikut bibit di daerah Landak dan Sambas,” ujar wakil rakyat dapil Kalimantan Barat tersebut.

Selain akan merealisasikan bantuan untuk beberapa bulan ke depan, politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu juga akan melihat langsung lokasi lahan yang akan diolah. 

“Kami akan salurkan bantuan sekitar April-Mei 2021. Untuk di daerah Landak dari Sungai Temilak, lahan yang akan diolah seluas 8-10 hektar. Begitu pula dengan di Sambas,” terang Anggota Badan Anggaran DPR RI itu .

Untuk itu, perlu kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam mengolah potensi alam yang ada di Kalbar. “Melihat potensi sektor pangan yang luas dan sumber alam yang berkualitas, perlu kerja sama yang baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam mengolah dan memanfaatkan potensi alam yang ada di Kalbar dengan baik,” kata dia.

Selain sektor padi, pangan lokal juga harus dikuatkan dan diunggulkan seperti jahe, porang dan padi nutrizinc, “Koordinasi yang baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten ditambah anggaran yang cukup, Kalbar diyakini  tidak akan kekurangan pangan,” ujar Anggota DPR RI yang bertugas di Komisi IV itu. l  ah/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)