Madakaripura : Air Terjun Indahan nan Bersejarah

Gunung Bromo telah mashur di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara, keindahan matahari terbitnya membuat para pelancong terpesona. Namun akan terasa kurang jika sudah berkunjung ke Bromo tapi tidak melengkapi agenda pelisiran ke air terjun Madakaripura. Air terjun nan indah serta mengandung nilai sejarah. 

Nama madakaripura berasal dari tiga kata yaitu mada diambil dari nama seorang Patih Kerajaan Majapahit yakni Gajah Mada. Kari memiliki makna peninggalan. Sementara pura memiliki makna sembahyang atau semedi. Jadi, madakaripura memiliki makna Gajah Mada yang sedang meninggal di kala sembahyang.

Air Terjun ini memiliki pemandangan cukup memesona. Airnya jernih, kemudian tebing-tebing yang tinggi semakin menambah keistimewaan kawasan ini. Air terjun ini berbentuk ceruk, dikelilingi bukit-bukit, dan di setiap dinding tebingnya dialiri air yang berasal dari atas Gunung Bromo. Setiap tetesannya akan membasahi tubuh para wisatawan, seolah-olah sedang terjadi hujan. Percikan-percikan air inilah yang disebut hujan abadi.

Menurut warga sekitar air terjun di Madakaripura tidak pernah kering meski di musim kemarau. Debitnya pun statis tidak bertambah maupun berkurang baik pada musim penghujan atau pun musim panas. Di sekitar air terjun terdapat sebuah pemandangan hijau yang menawan. Pemandangan hijau ini ada lantaran banyaknya air yang turun dari atas ke bawah. Sungguh, tempat yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto dan gambar.

Air terjun ini turun dengan bentuk pola aliran radial sentrifugal. Artinya, satu titik yang menyebar. Jadi, bila kita lihat lebih dalam, air terjun ini akan menyebar. Sehingga seperti air hujan. Mengesankan sekali memang. Apalagi, saat matahari menyinari kawanan air hujan ini. Keindahan Madakaripura pun terasa paripurna karena air terjun ini memiliki latar belakang sejarah yang menarik.

Menurut cerita warga sekitar, Patih Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di air terjun ini. Bahkan, hingga patih itu meninggal. Dia tetap berada disini untuk merenungi apa yang telah dilakukannya. Seperti diketahui bahwa, Mahapatih Gajah Mada pergi ke tempat ini ketika, beliau dicopot sebagai Mahapatih. Pencopotan jabatan tersebut lantaran, Gajah Mada telah membantai ratusan orang yang berada di Kerajaan Sunda Galuh.

Cerita mengenai Mahapatih Gajah Mada ini diperkuat dengan hadirnya Arca Gajah Mada yang berada di kawasan ini. Tepatnya berada di muka kawasan air terjun. Namun ada sudut pandang cerita yang berbeda, pada zaman dahulu kala, Kerajaan Majapahit memberikan sebuah desa yang bernama Sukapura sebagai hadiah atas kerja keras Mahapahit dalam membela kerajaan. Selain itu, ia juga sekaligus menghargai tekad dan kerja keras Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan ‘Sumpah Palapa’.

Lantas tempat ini menjadi peristirahatan terakhir atau pertapaan pati Gajah Mada pada masa Kerajaan Majapahit. Selain indah, air terjun ini memiliki juga ternyata memiliki banyak nilai sejarah. Mengunjungi tempat ini, wisatawan bisa memulai dari Kabupaten Probolinggo lalu dilanjutkan menuju Desa Sukapura.

Air terjun Madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl. dengan ketinggian ini, membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dan teduh. Siapa pun akan terhipnotis dengan nuansa yang berbeda dari air terjun yang lainnya. Uniknya lagi, air terjun ini berbentuk gua dengan ketinggian kurang lebih 200 meter, dan memiliki luas kurang lebih 25 meter. Air terjunnya pun melingkar. Nah, sebelum menuju air terjun utama, wisatawan akan disambut dengan 4 air terjun. Dimana, salah satunya berbentuk seperti sebuah rongga.

Disarankan bagi wisatawan membawa jas hujan. Karena, saat tiba di air terjun ini wisatawan berada di wilayah seperti air hujan yang cukup deras. Demi mengamankan diri dan barang bawaan sangat disarankan untuk membawa jas hujan. Bagi wisatawan yang mempunyai jiwa petualangan dan senang memacu adrenalin, tempat ini sangat layak dikunjungi, terlebih bagi yang punya ketertarikan pada cerita sejarah. l eko/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)