Kepingan Surga di Konawe Utara

Indonesia tersusun dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sebagai negara kepulauan, pesona Indonesia bak kepingan surga, Tuhan telah memberikan anugrah keindahan dan kekayaan alam bagi nusantara, pesonanya telah memikat banyak pelancong di dunia”

Negeri tercinta Indonesia merupakan negara kepuluan terbesar di  dunia dengan luas wilayah 1.904.569 km2. Garis pantainya memiliki panjang sekitar 54.716 km. Tak heran bila Indonesia mempunyai banyak keindahan alam, khususnya dari segi pantai dan pulaunya. 

Para wisatawan tentu tak asing dengan Raja Ampat, tempat akan membuat siapa saja yang membayangkannya terpesona dengan keindahan di tempat wisata tersebut. Tetapi siapa sangka bahwa masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga tak kalah indah. 

Pemandangan bak Raja Ampat bisa dijumpai di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Pulau Labengki. Bukan hanya sajian laut yang jernih dengan pulau keren di tengahnya tetapi wisatawan atau pengunjung juga bisa melihat adanya pemandangan pasir pantai yang bersih dan lembut. 

Pulau Labengki terletak di Sulawesi Tenggara tepatnya di Kecamatan Lasolo Kepulauan, 

Kabupaten Konawe Utara, pulau ini memang jarang terdengar di telinga kebanyakan orang. Padahal pulau ini memiliki panorama keindahan yang luar biasa yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pulau Labengki bisa diakses melalui Pelabuhan Biru di Kota Kendari dengan menaiki kapal boat.

Pantai Blue Lagoon. Foto: Eko/Nvl
Pantai Blue Lagoon. Foto: Eko/Nvl
Teluk Cinta, Pulau Bengki. Foto: Eko/Nvl
Teluk Cinta, Pulau Bengki. Foto: Eko/Nvl

 Perjalanan ke Pulau Labngki ini diawali dari Pelabuhan Biru Kendari dan naik boat. Jika wisatawan beruntung, selama perjalanan bisa melihat bagaimana kawanan lumba-lumba yang kadang sesekali melompat ke udara. Tentu pemandangan ini sangatlah membuat hati berbunga karena berada di tengah wisata yang begitu indah dan jarang kita temui di kota atau tempat wisata lainnya.

Sesampainya di Pulau Labengki, pengunjung akan langsung dibuat jatuh cinta dengan panorama pemandangan yang dimilikinya. Pulau ini memiliki julukan miniatur Raja Ampat karena memiliki gugusan pulau kecil di sekitarnya. Bicara soal keindahan pantai, Pulau Labengki adalah rajanya. Coba saja lihat Pantai Pasir Panjang, indah bukan?

Spot lain yang dimiliki Pulau Labengki selain pantai yaitu blue lagoon. Panorama di sini benar-benar memanjakan mata! Pulau ini juga menawarkan sederet aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung, seperti diving, snorkeling, dan mendayung perahu. Tak puas hanya sehari berada di Pulau Labengki, wisatawan bisa menginap di homestay, cottage hingga resort yang telah disediakan pihak pengelola. Dengan segala keindahannya, tak 

berlebihan memang jika menjuluki Pulau Labengki sebagai kepingan surga.

Labengki Pualu yang Tenang dan Natural

Pulau Labengki menawarkan panorama eksotis, tenang dan natural, dikelilingi oleh bukit berbatu hijau dan memiliki biota bawah laut yang indah, pada salah satu pojok gunung berbatuan terdapat beberapa anggrek langka yang tumbuh alami sehingga Pulau Labengki disebut-sebut sangat ideal dan cocok untuk destinasi wisata laut di Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara.
Pulau Labengki merupakan surga bagi pecinta kehidupan bawah laut, para wisatawan dapat menjelajah alam bawah laut yang cantik, mempelajari kerang raksasa, dan juga  bertualang di hutan Labengki yang memiliki danau. Pulau Labengki merupakan tempat yang tenang, para turis dapat bersentuhan dengan alam, dengan pemandangan pulau-pulau kecil dan disebut sebagai dunia baru untuk menyelam, meneliti dan bepergian.
 

Teluk Cinta di Labengki

Beberapa pulau atau pantai di Indonesia memang menawarkan keindahan bawah laut yang fantastis. 
Teluk Cinta, Pulau Bengki. Foto: Eko/Nvl
Teluk Cinta, Pulau Bengki. Foto: Eko/Nvl

Tetapi di Pulau Bengki ini berbeda dan unik. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Pulau Labengki memiliki gugusan pulau yang ada di tengah laut dan menjadikan panorama tersebut mirip dengan Raja Ampat tepatnya Wayag. Pulau ini juga memiliki satu spot lagi begitu istimewa yakni Teluk Cinta.

Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk mengabadikan foto dan momen liburannya di spot keren ini. Teluk cinta menjadi spot foto paling favorit dari para wisatawan. Mereka berkunjung ke Pulau Labengki dan takjub dengan adanya teluk yang berbentuk mirip hati. Bentuknya bisa kita lihat dengan dua cara. Pertama dengan trekking ke puncak bukit atau yang kedua adalah menerbangkan drone. Yang harus diketahui adalah bentuk ini hanya bisa dilihat dari ketinggian dimana wisatawan harus naik ke puncak bukit dengan trekking karena cukup terjal. eko/es

Bagian Penerbitan

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)