Jon Erizal: Wujudkan Revitalisasi Pasar di Bungaraya

“Ada pasar rakyat di bungaraya perlu di bangun. Kebetulan di kementerian itu, ada namanya program merevitalisasi pasarpasar rakyat di Indonesia, maka kita jemput, Alhamdulillah kita dapat”

Anggota DPR RI Jhon Erizal secara simbolis memulai pengerjaan renovasi Pasar Bungaraya
Anggota DPR RI Jhon Erizal secara simbolis memulai pengerjaan renovasi Pasar Bungaraya

Program Revitalisasi Pasar Rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan RI untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat, meningkatkan kesejahteraan para pedagang melalui peningkatan omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat dan mendorong terjadinya penguatan pasar dalam negeri di era persaingan global yang kian terbuka lebar.

Atas program tersebut, Anggota DPR RI Dapil Riau I Jon Erizal telah membantu mewujudkan pembangunan pasar rakyat di Bungaraya, Riau.

Pembangunan pasar ini menggunakan dana tugas pembantuan yang ada di Kementerian Perdagangan RI. Pembangunan Pasar Rakyat ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas pasar yang bertujuan pada peningkatan ekonomi masyarakat. Jon Erizal menyampaikan proyek ini terlaksana karena ada nya sinergi antara pemerintah, wakil rakyat dan masyarakat. 

“Kebetulan saya duduk di Komisi VI yang di mana mitra kerja kami salah satunya Kementrian Perdagangan. Pak Alfedri menyampaikan ada pasar rakyat di bungaraya perlu di bangun. Kebetulan di kementerian itu, ada namanya program merevitalisasi pasar-pasar rakyat di Indonesia, maka kita jemput, Alhamdulillah kita dapat,” paparnya, belum lama ini.

berpesan kepada masyarakat agar menjaga dan memelihara bangunan ini, agar tetap awet sehingga pedagang nyaman berdagang di pasar baru. Kementerian perdagangan melalui dana Tugas Pembantuan tahun 2022 mengalokasikan pembangunan pasar rakyat Bungaraya dana sebesar Rp4 miliar. Dengan waktu pengerjaan selama 150 hari kerja dan akan berakhir 2 Desember 2022 mendatang.

Lokasi pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat diprioritaskan untuk pasar yang telah berumur lebih dari 25 tahun, pasar yang mengalami bencana kebakaran, pasca bencana alam, dan konflik sosial, daerah tertinggal, perbatasan, atau daerah yang minim sarana perdagangannya, serta daerah yang memiliki potensi perdagangan besar.

Tujuan dari revitalisasi pasar rakyat adalah guna meningkatkan pendapatan para pedagang juga pelaku-pelaku ekonomi yang ada di masyarakat. Selain itu juga untuk memudahkan akses transaksi jual beli dengan nyaman. Adapun agenda strategis dari revitalisasi pasar rakyat ke depan adalah meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk domestik. Yakni, dalam rangka mengatasi krisis ekonomi melalui pengurangan produk impor. •eko/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)