Indahnya Curug Ciburial Di Pinggir Ibu Kota

Bogor menyimpan banyak air terjun (curug) yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Salah satu curug yang sayang untuk dilewatkan adalah Curug Ciburial yang hanya berjarak 60 kilometer dari Ibu Kota Jakarta.

Pemandangan salah satu destinasi wisata di Bogor yaitu Curug Ciburial. Foto: idw/nvl

Tidak ada transportasi umum yang bisa mengantar kamu sampai ke Curug Ciburial, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. 

Untuk sampai ke Curug Ciburial, salah satu ‘pintu masuk’ adalah Sentul Selatan. Jalan ke arah Leuwi Hejo, lalu lanjutkan perjalanan ke Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Babakan Madang, Bogor.

Sesampainya di Desa Cibereum, kamu akan melihat papan nama Curug Ciburial. Di sini kendaraan bisa dititipkan dengan tarif relatif murah, lalu perjalanan diteruskan dengan jalan kaki. Jangan lupa mampir ke pos yang telah disediakan untuk membeli tiket masuk Curug Ciburial seharga Rp 20.000 per orang. Di samping itu, Kamu juga bisa memanfaatkan jasa pemandu wisata yang sudah disiapkan oleh pengelola setempat.

Setelah membeli tiket, perjalanan dimulai dengan menyusuri rumah warga. Walau hanya butuh kurang lebih 1 jam dari pos tiket, namun perjalanan trekking ke Curug Ciburial membutuhkan energi yang cukup dan kaki yang kuat untuk berpijak. Tak ada salahnya kamu membawa air minum secukupnya agar tidak dehidrasi.

Selama perjalanan kamu akan melewati jalan setapak dari tanah liat dan bebatuan yang terus menanjak dan berliku dengan pemandangan sawah dan hutan. Kemudian, kamu akan menemui tanjakan yang ekstrem.

Kondisi jalan akan semakin sulit dilalui saat musim hujan. Gunakan alas kaki yang nyaman, karena medannya cukup licin. Peralatan trekking pole akan sangat membantu kamu saat melintasi jalan setapak ini.

Kelelahan akan terbayar saat kamu berada di ketinggian, karena disuguhi pemandangan lembah hijau yang indah dengan ciri khas pepohonan pakis yang menjulang tinggi. Udaranya pun sangat sejuk, karena sudah memasuki kawasan hutan lindung. 

Dari bukit ini, kondisi jalurnya menurun dan sedikit curam, berimbang dengan tanjakan sebelumnya. Perjalanan pun mulai berubah dari sisi kanan berupa jurang, kemudian semak liar dan menjadi pohon kopi.

Suara deras air seolah jadi penanda bahwa Curug Ciburial sudah dekat. Perlahan namun pasti kamu akan menemui persimpangan. Ke kanan arah Curug Ciburial dan ke kiri arah ke Curug Hordeng dan Curug Kembar. Kamu juga bisa memilih ke arah Curug Hordeng dan Curug Kembar terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan ke arah Curug Ciburial tanpa harus berputar arah. 

Pemandangan salah satu destinasi wisata di Bogor yaitu Curug Ciburial. Foto: idw/nvl

Ketiga curug ini berdekatan karena memiliki aliran yang sama, tetapi masing-masing menawarkan pemandangan ciamik. Jika memilih jalur kiri, maka untuk sampai ke Curug Ciburial, harus melewati Curug Hordeng dan menyeberangi jeram kecil Curug Kembar yang membentuk seperti sungai.

Perjalanan selama satu jam terasa tidak sia-sia. Rasa lelah akan terbayar ketika sampai di Curug Ciburial. Alamya begitu asri dan menyejukkan, banyak pepohonan dan tanaman yang tumbuh liar di tepi aliran curug.

Keindahan Curug Ciburial terletak pada susunan bebatuannya dan jumlah air terjunnya. Dalam satu tempat, kamu dapat menikmati dua air terjun sekaligus. Curug yang kanan berasal dari mata air, jadi bisa diminum langsung. 

Sementara aliran air lainnya mengalir dengan deras, membelah batuan besar di kedua sisinya dan membentuk  kolam alami dengan kedalaman lebih kurang 6 meter. Kamu bisa berenang dan rasakan sensasi air kolam yang jernih, bahkan sesekali tampak bewarna hijau kebiruan. Berpadu indah dengan warna cokelat bebatuan disekitarnya.

Namun harus ingat, arusnya cukup deras, sehingga kamu perlu berpegangan pada tambang yang telah diikat pada batu besar. Untuk yang tidak bisa berenang, jangan khawatir, karena bisa bermain air di bawah air terjun dan merasakan kesegaran aliran dari mati air.

Bagi kamu yang suka bermeditasi, spot ini juga merupakan pilihan yang tepat sebab sepi pengunjung. Suara angin, gemericik air, dan hijaunya pepohonan bakal mengalirkan udara sejuk yang mendamaikan hati dan pikiran. lann/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)