Hermanto: Serahkan Gerobak Sampah pada Masyarakat Padang

Anggota DPR RI Hermanto dalam kunjungan kerjanya di dapil menyerahkan bantuan pemerintah berupa gerobak sampah dan tempat sampah tematik kepada sepuluh komunitas masyarakat di Kota Padang, Sumatera Barat.

Bantuan tersebut diserahkan di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang. Penyerahan gerobak dan tempat sampah ini diserahkan langsung oleh Hermanto mewakili Pemerintah Pusat kepada Kepala DLH Kota Padang Mairizon mewakili masyarakat Padang.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, wakil rakyat dapil Sumatera Barat I mengatakan bahwa negara bertanggung jawab dan wajib hadir bersama masyarakat dalam menangani permasalahan sampah.

“Setiap hari kita memproduksi sampah. Kalau sampah dibiarkan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Karena itu kita semua bertanggung jawab menangani sampah,” ujarnya saat mengisi sambutan pada kegiatan tersebut.

Ia menambahkan bahwa negara membantu masyarakat dengan pengadaan berbagai fasilitas penanganan sampah, diantaranya berupa gerobak sampah dan tempat sampah tematik.

Anggota DPR RI Hermanto menyerahkan bantuan pemerintah kepada sepuluh komunitas masyarakat di Kota Padang. Foto: Ist/nvl
Puasa membersihkan hati, zakat membersihkan harta, gerobak sampah membersihkan lingkungan

Kepada penerima bantuan, politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini meminta agar gerobak dan tempat sampah tersebut dimanfaatkan dan dirawat dengan baik agar lingkungan senantiasa terjaga kebersihannya.

“Puasa membersihkan hati, zakat membersihkan harta, gerobak sampah membersihkan lingkungan,” tambah Anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DLH Kota Padang Mairizon menginformasikan bahwa produksi sampah di Kota Padang setiap harinya mencapai 600 ton.

Dalam pengelolaannya, Kota Padang kekurangan 59 buah container sampah, sehingga pengangkutan sampah setiap harinya dilakukan sebanyak 2 kali.

“Dengan bantuan gerobak sampah ini, maka sampah disalurkan ke bank sampah. Bisa mengurangi sampah yang dikirim ke TPS,” tutur Mairizon. l bia/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)