Eva Stefani Rataba: Seni Budaya Salah Satu Faktor Pemajuan Pariwisata Toraja

Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba menghadiri BISA Fest di Toraja, Sulewesi Selatan. BISA Fest merupakan komitmen Komisi X dan pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata. BISA Fest bertema ‘Kreasi Seni Tarian Toraja’ itu menghidupkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif di Toraja yang sempat lesu akibat Covid-19.

Eva hadir di tengah festival yang digelar di Hotel Misiliana, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan awal Oktober lalu. Eva hadir bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno. “Kita mau daerah kita lebih dikenal melalui sederet prestasi kesenian, kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatifnya. Sehingga, ke depan pariwisata dan kebudayaan Toraja lebih meningkat lagi,” ujar Eva.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan pementasan kreasi seni Tari Toraja dari berbagai sanggar seni yang ada di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja. Di antaranya Sanggar Tari Siangkaran, Sanggar Tari Toraya, Sanggar Tari Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, dan Sanggar Tari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja.

Politisi NasDem ini melanjutkan, beragam seni dan budaya Toraja dapat menjadi faktor utama untuk mendorong kualitas kepariwisataan daerah. 

Ini momentum membangkitkan kembali pariwisata Toraja yang dulu dikenal dunia. Masyarakat lokal, harapnya, juga harus mencintai budaya lokal Toraja sebelum produk budaya Toraja dikenal dan dicintai masyarakat dunia.

“Saya berharap pemda bisa fokus membangun pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja Utara. Kebudayaan kita harus dilestarikan dengan cara dikenal dan dicintai oleh masyarakat lokal sendiri, baru kemudian kita perkenalkan ke dunia luar apa yang menjadi ciri khas dari budaya kita itu,” harap politisi yang berasal dari dapil Sulawesi Selatan III (Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang, dan Kota Palopo) itu. hal

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba saat menghadiri BISA Fest di Toraja. Foto: Ist/nvl
Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba saat menghadiri BISA Fest di Toraja. Foto: Ist/nvl

Bagian Penerbitan

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)