Ema Umiyyatul Chusnah: Dorong Budidaya Ikan di Jombang

Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah mendorong Kabupaten Jombang, Jawa Timur melaksanakan budidaya ikan dalam ember atau yang disebut Budikdamber. Budikdamber merupakan teknik memelihara ikan tanpa terhalang oleh ukuran lahan yang terbatas. 

Anggota Komisi DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah saat menyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Ikan. Foto: Ist/nvl

Meski begitu tak semua ikan bisa budidayakan menggunakan teknik budikdamber, oleh karenanya perlu dilakukan sosialiasi dalam rangka menyukseskan jenis budidaya ini. Adapun Budikdamber saat ini menjadi salah satu program pemerintah di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

“Ini program pemerintah juga, kami mendapatkan program dari KKP, tapi belum maksimal, karena mungkin (faktor) keterbatasan anggaran,” kata perempuan yang akrab disapa Ning Ema tersebut. Ia menyampaikan pandangannya itu usai kegiatan Safari Gemarikan dengan ibu hamil dan menyusui serta ibu-ibu usia produktif untuk mencegah terjadinya stunting bertempat di Pendopo Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Politisi Fraksi PPP itu menyebutkan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jombang dapat melakukan langkah-langkah pemulihan ekonomi, dengan program Budikdamber. “Jadi, satu rumah itu diberi satu buah ember yang mana bibit atau benih (ikan) dan pakannya, itu juga dari pemerintah,” kata Legislator Dapil Jawa Timur VIII itu. 

Lebih lanjut Ema menjelaskan Safari Gemarikan dilaksanakan untuk mempersiapkan kader-kader penerus bangsa agar terjaga dalam hal kecukupan gizi dan nutrisinya. Selain di Kecamatan Perak, kata Ema, Safari Gemarikan juga dilaksanakan di Kecamatan Kesamben.

“Yang mana targetnya sama, pencegahan stunting kepada ibu hamil, ibu menyusui, atau ibu-ibu yang usia produktif, juga kepada remaja-remaja putri,” sebutnya. Dalam kesempatan itu pula, Ema turut menyerahkan bantuan paket berisi Otak-Otak Bandeng, stik ikan, sarden ikan, ikan Bandeng, ikan Patin, dan kaos kepada ibu hamil dan menyusui serta ibu-ibu usia produktif.

Hadir pada acara yang sama para pejabat terkait diantaranya, Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Sesditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Berny Ahmad Subki serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim, Mochammad Gunawan Saleh.  ah/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)