DPR “Mempercantik” Diri di Hari Istimewa

Agustus menjadi bulan bersejarah sekaligus membahagiakan bagi bangsa Indonesia. Setidaknya dua hari bersejarah tercipta di bulan Agustus. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang kita peringati setiap tanggal 17 Agustus, serta Hari Lahir DPR RI yang jatuh pada tanggal 29 Agustus 1945.

Bunga Katsuba

Namun, ada satu hari lagi yang hampir setiap tahun menjadi hari “special” bagi DPR RI. Ya, tanggal 16 Agustus selalu menjadi hari yang penuh keriaan. Di hari menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI itu, DPR, MPR dan DPD RI menggelar sidang bersama tahunan. Sekaligus mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban dan Pidato Kenegaraan Presiden RI.

Tak berlebihan jika kemudian berbagai persiapan dilakukan DPR sejak jauh hari. Dari mulai persiapan fisik yang meliputi kondisi gedung DPR dan berbagai kesiapan fasilitas dan infrastruktur lainnya, sampai kepada hal-hal yang bersifat substantif seperti isi dari pidato dan sambutan Ketua DPR RI pada acara tersebut. Khusus kali ini, Parlementaria membahas tentang persiapan fisik dalam menyambut hari yang cukup istimewa bagi DPR RI.

Di mulai dari dalam Gedung Nusantara yang notabene menjadi pusat digelarnya keriaan di tanggal 16 Agustus kali ini. Ketua DPR RI Puan Maharani  mengungkapkan bahwa di setiap Sidang Tahunan DPR, MPR, dan DPD RI selalu bernuansa nusantara dan disajikan semenarik mungkin, namun  sarat akan kesederhanaan.

Tahun lalu, 2021, Sidang Tahunan DPR RI mengambil tema Nuansa Kalimantan. Sementara di tahun ini, DPR memilih menggunakan ornamen Batik Kawung khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ditampilkan di lobby dalam gedung DPR. Batik kawung warna merah yang sengaja ditempatkan di beberapa sudut memberi kesan berbeda pada gedung yang sangat bersejarah tersebut.

mungkin tetapi tetap menunjukkan kesederhanaan. Karena Sidang Tahunan juga sekaligus dalam rangkaian peringatan HUT RI, kita ingin nuansa nusantara cukup terasa,” ujar Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

SENTUHAN KHUSUS UNTUK ACARA ISTIMEWA

Tidak hanya itu, hal yang berbeda dilakukan dalam sidang tahunan kali ini, menurut Kepala Biro Umum Setjen DPR RI dalam hal penanganan kesehatan. “Sedia payung sebelum hujan,” begitulah kira-kira kata yang paling tepat untuk menggambarkan penanganan kesehatan khusus di hari special 16 agustus ini tahun ini.

Ya, Setjen DPR RI Tiga ruang mini ICU. Satu ruang mini ICU untuk VVIP Presiden, satu lagi ruang mini ICU untuk VVIP Wakil Presiden, dan satu ruang mini ICU lainnya khusus untuk pimpinan dan anggota dewan yang hadir di acara tersebut. Masingmasing Mini ICU dijaga oleh beberapa tenaga medis handal, plus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan standard untuk pertolongan pertama, seperti oksigen, infus, dan fasilitas EKG untuk Jantung.

EKG untuk Jantung. Persiapan istimewa tidak hanya dilakukan untuk sisi dalam Gedung Nusantara. Bagian luar rumah rakyat ini pun tak lepas dari sentuhan “khusus”. Menurut Kepala Biro Umum Setjen DPR RI, Rudy Rochmansyah, berbenah dan mempercantik diri sejatinya tidak hanya dilakukan DPR untuk tanggal 16 Agustus saja, melainkan merupakan program perawatan rutin dan berkala.

Dimulai dari depan pintu gerbang. sebagaimana masukan dari Pimpinan DPR RI, pengamanan tahun ini harus lebih humanis, namun tetap mengutamakan kewaspadaan dan keamanan. Jika Tahun-tahun sebelumnya untuk kegiatan pengamanan, Pamdal (pengamanan dalam DPR RI) yang mendampingi Paspamres di depan gerbang selalu menggunakan anjing pelacak atau K9. Namun untuk tahun ini, cara tersebut ditiadakan. Berdasarkan diskusi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Anjing pelacak diganti dengan alat deteksi khusus yang sengaja didatangkan dari Pasukan pengamanan Presiden.

Dan Alhamdulillah semua berjalan lancar, dan aman,”ungkap Rudy kepada Parlementaria

Beberapa meter dari pintu gerbang utama Gedung DPR RI, tamu yang hadir akan disuguhi oleh pemandangan indah berupa Bunga Katsuba berwarna merah dan putih yang berbaris cantik, bak bendera merah putih yang tengah dibentangkan.

Sejatinya, bunga ini bukan tergolong bunga yang ditanah di luar ruangan, mengingat karakteristik Bunga ini yang sangat rentan dengan cuaca panas. Namun karena keindahannya, khusus untuk di hari special DPR Bunga Katsuba ini ditanam, tentu dengan perawatan khusus. Alhasil terlihat indah dan cantik untuk menyambut para tamu DPR di acara spesial tersebut.

Di beberapa meter taman Nusantara yang dipenuhi  dengan merah putih Bunga Katsuba itu, kita akan melihat kolam air mancur utama yang jika malam hari tiba terlihat sangat indah dengan warna-warni bak pelangi yang datang setelah hujan, Kolam air mancur ini memang selalu mendapat perawatan rutin, baik kebersihannya yang selalu dijaga, maupun keindahan warnanya yang selalu mendapat sentuhan berupa pengecatan ulang. •ayu/es

 

Bunga Katsuba

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)