Dirjen Penurut versi Andi Iwan

Komisi V DPR RI selalu memantau kinerja para mitranya saat rapat-rapat di gedung DPR RI. Apresiasi, evaluasi, bahkan kritik tajam menyeruak di ruang rapat. Komisi infrastruktur itu selalu jadi pusat perhatian saat membincang perencanaan pembangunan infrastruktur daerah.

Dirjen Penurut versi Andi Iwan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), merupakan mitra utama Komisi V yang selalu seksi diberitakan. Pada Juni lalu, Komisi V DPR menggelar rapat dengan para pejabat eselon I Kementerian PUPR. Para dirjen pun hadir. Setiap perencanaan pembangunan infrastruktur selalu dikonsultasikan di Komisi V untuk kemudian disetujui.

Tidak hanya itu, perencanaan anggarannya pun dibicarakan di Komisi V DPR. Tanpa dibicarakan dengan Komisi V DPR, semua perencanaan itu tak mungkin terlaksana. Rapat dengan para dirjen tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan Aras. Ketika itu, Andi Iwan menilai satu persatu kinerja para dirjen Kementerian PUPR.

Banyak dirjen yang kinerjanya dinilai miring oleh Komisi V DPR, lantaran tak sesuai dengan perencanaan kerja yang telah disepakati di ruang rapat. Andi Iwan lalu menyebut, dirjen A, B, C, dan D, misalnya, tak melakukan pekerjaan sesuai harapan Komisi V DPR. Kecuali Dirjen Sumber Daya Air (SDA) yang kinerjanya sangat bagus.

Dirjen SDA dinilai telah mengikuti perencanaan yang diharapkan Komisi V DPR. Dirjen lain tidak bagus. “Nah, Dirjen SDA ini, dirjen penurut,” tutur Andi Iwan, saat rapat dengan para pejabat eselon I Kementerian PUPR. Inilah dirjen penurut versi Komisi V DPR.

Sebagai penyambung lidah rakyat, DPR RI bukan ingin mendikte pekerjaan para mitranya. Namun DPR RI yang memiliki fungsi pengasawan, harus betul-betul memastikan agar apa yang direncanakan berjalan lurus hingga tercapainya tujuan pembangunan. Yaitu untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. •mh/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)