Charles Meikyansah: Salurkan 5 ton Pupuk Subsidi ke Petani Jember

Ketahanan pangan nasional memiliki peran vital untuk keberlangsungan penyediaan pangan nasional. Akan tetapi, para petani terutama di Kabupaten Jember mengeluhkan ketersediaan pupuk subsidi yang tidak berbanding lurus dengan kebutuhan petani.

Kelangkaan pupuk subsidi ini tak luput jadi perhatian Anggota DPR RI Charles Meikyansah. Senada dengan para petani, dia mengakui terbatasnya kuota berdampak pada langkanya pupuk bersubsidi. Ia juga sepakat pupuk subsidi bersifat strategis untuk meningkatkan produktivitas pertumbuhan pangan.

Aspirasi tersebut, langsung disampaikannya kepada PT Pupuk Indonesia. Melalui PT Pupuk Petrokimia Gresik, bantuan pupuk Phonska Plus sebanyak 5 ton disalurkan kepada kelompok tani yang tersebar dalam lima kecamatan di Kabupaten Jember, yaitu Kecamatan Sumberbaru, Arjasa, Kalisat, Mumbulsari dan Kecamatan Tempurejo.

“Bantuan kepada petani ini, kami tunaikan atas dasar aspirasi yang kami temui di lapangan. Ketika kunjungan dapil, saya mendapati  petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi, sementara itu pupuk non-subsidi sangat tidak terjangkau oleh petani,” ujar legislator dapil Jatim IV itu .

Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (F-NasDem) Charles Meikyansah memberikan bantuan pupuk Phonska Plus sebanyak 5 ton melalui PT. Pupuk Petrokimia Gresik kepada kelompok tani yang tersebar dalam 5 kecamatan di Kabupaten Jember . Foto: Ist/nvl

Charles menegaskan pemerintah harus mendukung para petani sebagai garda terdepan untuk menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, mereka patut mendapatkan edukasi dan bantuan, baik alat mesin pertanian, pelatihan pembuatan pupuk organik dan lainnya agar bisa memberikan hasil pertanian yang optimal.

“Di masa mendatang, saya berharap agar petani terus mendapatkan perhatian, edukasi, dan bantuan, baik alat mesin pertanian, pelatihan pembuatan pupuk organik dan lain sebagainya agar bisa mengoptimalkan hasil pertaniannya,” tegas politisi Fraksi Partai NasDem itu.

Para petani yang menerima bantuan berharap agar ketersediaan pupuk subsidi bisa disesuaikan dengan kebutuhan petani. Mereka juga menyampaikan saran dan masukan terkait implementasi Kartu Tani supaya lebih dioptimalkan lagi. l ts/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)