Bambang Hermanto: Bantu IKM Indramayu

Anggota DPR RI Bambang Hermanto menghadiri pembukaan acara bimbingan teknis yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian RI melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka di Indramayu, Jawa Barat pada Senin (10/10) lalu. Kehadirannya, ingin membantu industri kecil menengah (IKM) Indramayu. 

Anggota DPR RI Bambang Hermanto saat menghadiri acara bimbingan teknis. Foto: Ist/nvl
Anggota DPR RI Bambang Hermanto saat menghadiri acara bimbingan teknis. Foto: Ist/nvl

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim dan kita berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, ukses, dan dapat membawa manfaat untuk masyarakat Indramayu dan sekitarnya. Dengan ini, dengan mengucap bismillahirohmanirohim kegiatan ini resmi saya buka,” ujar politisi yang akrab disapa Baher ini saat membuka acara. 

Bimtek yang digelar selama empat hari tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya mendukung pertumbuhan IKM dan wirausaha baru di Bumi Wiralodra itu. Menurutnya, IKM memiliki kontribusi besar terhadap kebangkitan perekonomian terutama pasca pandemi Covid-19. 

Saya sengaja menggandeng Kemenperin termasuk Pemkab Indramayu bersinergi mengadakan Bimtek ini sekaligus untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan wirausaha baru IKM yang mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Indramayu,” kata anggota Fraksi Partai Golkar itu. 

Terkait dengan pengembangan dan percepatan pertumbuhan IKM dan wirausaha baru, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatiannya, antara lain kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, akses permodalan yang menjadi salah satu kendala, hingga pemasaran produk. 

Selain lewat kegiatan Bimtek ini, kita juga mendorong kolaborasi pemerintah pusat dan Pemkab Indramayu untuk memberikan solusi maupun bantuan terhadap sejumlah kendala yang dialami para pelaku IKM. Kemudian soal pemasaran produk. Jadi ini perlu Pemkab turun tangan. Sehingga, para pelaku IKM ini dapat mengembangkan industri yang tengah digeluti,” lanjut legislator dapil Jabar VIII ( Indramayu dan Cirebon) itu. 

Anggota Komisi VII DPR RI ini menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak memperkuat IKM. IKM yang berkembang dan kuat dapat melindungi perekonomian daerah. Pembukaan Bimtek yang melibatkan 90 pelaku usaha di Indramayu dan sekitarnya itu juga dihadiri Budi Hartono selaku Plh Direktur IKM Pangan, Furnitur,  dan Bahan Bangunan Kemenperin RI serta H Jahirin yang menjabat Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Indramayu. •uc

Bagian Penerbitan

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)