Azikin Solthan: Usir Jenuh dengan Bernyanyi

Penat dan jenuh akibat kesibukan kerja juga bisa timbul dalam diri para Anggota DPR RI. Terkadang hal seperti ini dapat menjadikan beban sehingga menghasilkan output yang kurang baik bagi konstituen dan diri sendiri tentunya. Untuk kembali fresh dan menyegarkan otak, sangat perlu melakukan refresing menyalurkan ekspresi yang sempat terpendam.

Anggota DPR RI Azikin Solthan. Foto: Arief/nvl

Menyanyi bersama teman-teman, dipilih oleh Azikin Solthan untuk mengusir kejenuhannya. Bagi Azikin, menyanyi tidak hanya mengeluarkan suara begitu saja, namun kita perlu menghayati bait setiap bait kalimat kemudian mengikuti alunan musik. 

“Dalam menyanyi kita perlu memperhatikan juga nada rendah dan tinggi nya agar teratur, berusahalah menyanyi dengan baik namun bagi yang merasa suaranya kurang bagus tidak mengapa kok kalau tetap bernyanyi, bernyanyi lah semampunya,” ujarnya kepada Parlementaria.

Anggota Komisi IV DPR RI ini memiliki studio karaoke sendiri di rumahnya. Di tempat itulah Azikin biasa mengundang teman-teamnnya untuk menghibur diri bersama. Kebersamaan dalam satu hobi tersebut sangat terbayar dengan terhapusnya kejenuhan.

“Dengan menyanyi kita juga mendapatkan manfaat, yaitu berfungsi untuk psikologis. Dengan menyanyi bisa memicu mood menjadi positif, membuat bahagia, dan baik untuk jiwa,” ucapnya.

Selain itu, lanjunya, bernyanyi juga dapat memperbaiki pernafasan bagi orang yang mengalami ganguan paru-paru dan membantu penderita demensia mengatasi penyakitnya.

“Bernyanyi membuat kita menarik nafas dalam, yang kemudian menigkatkan aliran darah di seluruh tubuh dan membantu penigkatan pengaruh endorphis, hal ini sama seperti lonjakan endorphin ketika tertawa atau makan cokelat. Sungguh unik bukan padahal hanya dengan menyanyi saja bisa berpengaruh sebegitu besar,” pungkasnya. l es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)