Apresiasi Tinggi pada Sektor Keamanan

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi ditutup oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Meski awalnya banyak pihak menyangsikan, namun berkat kerja sama seluruh stakeholder bidang keamanan dan tentu saja disokong oleh masyarakat setempat, PON XX Papua dari awal pembukaan hungga penutupan berlangsung kondusif.

Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno. Foto: Natasya/nvl

ANGGOTA Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno saat mengunjungi Papua menilai, Kodam XVII/Cenderawasih telah bekerja secara optimal untuk memastikan PON XX berjalan dengan baik. Dave juga mengapresiasi seluruh personel TNI yang terus berupaya mencegah adanya ancaman atau gangguan keamanan, serta upaya penyusupan dari kelompok separatis di Papua.

Dirinya menilai jajaran Kodam XVII Cenderawasih telah bekerja dengan optimal memastikan keamanan PON tetap tertangani dengan baik dari segala macam gerakan-gerakannya yang coba diinisiasi atau coba disusupi oleh OPM.

“Semuanya telah berhasil ditangkis dan kita patut apresiasi luar biasa kepada seluruh personel TNI telah bekerja secara optimal untuk memastikan tidak ada kerusuhan, tidak ada kericuhan ataupun serangan-serangan dari kelompok-kelompok separatis tersebut,” ujarnya.

Wakil rakyat dapil Jabar VIII ini juga mengapresiasi BIN Daerah Papua yang telah berkoordinasi dengan seluruh instansi dalam menjaga kondusifitas Papua dan menangkal segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk menggagalkan penyelenggaraan PON XX Papua.

Dave berharap kondusivitas Papua saat ini juga dapat berlangsung terus ke depannya dalam mendukung kebijakan pembangunan sumber daya alam, manusia hingga infrastruktur dan pelayanan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Dari BIN Papua juga telah berkoordinasi dengan baik dengan seluruh instansi untuk menangkal segala macam kegiatan-kegiatan yang dapat menggagalkan atau mengacaukan rencana ataupun pelaksanaan PON ini,” tutur Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut.

Hal yang sama juga diucapkan Anggota Komisi III DPR RI Supriansa. Ia mengapresiasi TNI dan Polri yang telah melakukan pengamanan selama pekan olahraga itu berlangsung.

“Kami memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polri dan TNI atas pengamanan PON di Papua sehingga berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti,” kata Supriansa.

PON adalah pesta olahraga tingkat nasional yang membanggakan. Dia menilai kinerja TNI dan Polri memuaskan dalam pengamanan PON Papua ini. “Ini pesta olahraga yang membanggakan. Persatuan dan kesatuan melalui even olahraga PON sangat memuaskan. PON-nya lancar dan Polri dan TNI kinerjanya sangat memuaskan,” kata dia. 

Pelaksanaan PON di Papua, akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk warga Papua. Dia juga mengapresiasi kinerja pemerintah. “Menurut saya ditempatkannya pelaksanaan PON di Papua tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Papua. Atensi pemerintah sangat luar biasa,”  jelasnya.

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani. Foto: Jaka/nvl
"Tidak adanya insiden-insiden yang mendapat sorotan media menunjukkan kolaborasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat Papua,"

Kerja Pengamanan Dinilai Terukur

Setelah peresmian venue PON XX Papua, Puan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peletakan batu pertama Papua Youth Creative Hub. Ia pun yakin wadah yang disiapkan untuk menghimpun sumber daya manusia muda berprestasi asal Papua itu akan membawa kemajuan bagi Bumi Cenderawasih.

Groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Abepura, Jayapura, dilakukan Presiden Jokowi pada Sabtu (2/10). “Kita percepat proses agar Papua menjadi tempat lahir energi besar kemajuan,” kata Puan usai peletakan batu pertama Papua Youth Creative Hub.

Dia juga mengatakan, Papua harus menjadi tempat lahir inovasi, bukan hanya sebagai pengguna inovasi dari tempat lain. Puan berharap Papua akan semakin maju. “Papua menjadi tempat lahirnya kemajuan, bukan hanya penerima hasil dari kemajuan,” tuturnya.

Papua Youth Creative Hub sendiri dibangun sebagai wadah yang akan memfasilitasi SDM unggul Papua dari berbagai lintas disiplin ilmu pengetahuan. Program Papua Muda Inspiratif tersebut diharapkan mendukung perwujudan visi dan misi pengembangan pemuda pemudi Papua dan Papua Barat dalam bidang culinary dan hospitality, riset, teknologi, kewirausahaan, industri kreatif dan digital, pendidikan dan literasi, kesehatan dan kecantikan, serta budaya dan bahasa.

Di Papua Youth Creative Hub nantinya akan dibangun co-working space, ruang teknologi pembelajaran digital, ruang konser, ruang inovasi produk, asrama, hingga fasilitas olahraga. Puan pun mendukung wadah ini menjadi pusat pengembangan kreativitas dan bisnis startup di Papua. “Kita kickstart, memulai dengan cepat lahirnya startup-startup atau rintisan baru dari Papua yang menghadirkan kemajuan bagi Indonesia dan bahkan dunia,” ujar Puan.

Di dalam program ini juga nantinya akan diselenggarakan berbagai kegiatan. Bentuk kegiatannya berupa pengembangan diri untuk melengkapi keahlian berbisnis, termasuk soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

“Papua selain terkenal keindahan dan kekayaan alamnya, kita harapkan juga akan semakin terkenal dengan kemajuan kreativitas anak-anak mudanya dengan adanya Papua Youth Creative Hub ini. Maka ekosistem kreativitas pemuda Papua harus terus dibangun dan dibina,” ungkap Puan.

Program Papua Youth Creative Hub menjadi bagian dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Puan berharap pembangunan Papua Youth Creative Hub yang 60 persen di antaranya berupa lahan hijau akan membawa banyak manfaat bagi seluruh masyarakat Papua. “Saya berharap agar program ini dapat berkontribusi untuk menurunkan angka pengangguran serta kemiskinan,” ungkap Puan.

Target pelaksanaan pembangunannya mulai dari September 2021 hingga Desember 2022. Alokasi pembiayaannya senilai Rp95 miliar. “Program Papua Youth Creative Hub harus terus didukung oleh seluruh elemen bangsa dan dilakukan secara bergotong royong sehingga SDM unggul Papua terus bertumbuh serta turut berpartisipasi menjadikan Indonesia semakin hebat,” tutup Puan. l eko/es

WAPRES BERI CATATAN PENTING

Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat menutup perhelatan PON XX Papua mengaku bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Papua yang bahu membahu mempersiapkan dan menyelenggarakan PON kali ini. 

Ma’ruf Amin menyampaikan beberapa catatan penting yang membuat penyelenggaraan PON XX ini tidak mudah untuk dilakukan.

“Pertama, pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif, dengan standar dan kualitas internasional,” ujar Ma’ruf.

Yang kedua, lokasi penyelenggaraan atau venue sangat tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke. Jarak antar satu venue dengan yang lainnya merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini. Dan ketiga, PON XX ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19, yang menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. 

“Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan. Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, tapi ternyata warga Papua bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa! Torang bisa bukan hanya semboyan tetapi nyata dan terbukti,” tukasnya. l rnm/es

Anggota Komisi III DPR RI Supriansa. Foto: Jaka/nvl
"Kami memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polri dan TNI atas pengamanan PON di Papua sehingga berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti,"

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)