Aliyah Mustika Ilham: Salurkan 1500 Vaksin Untuk Warga Lapas Makassar

Para warga binaan penghuni lembaga pemasyarakatan juga berhak untuk hidup sehat dan dilindungi dari penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan menggelar vaksinasi bagi warga binaan.

Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham, menggelar kegiatan vaksinasi di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas I, Gunung Sari, Makassar, Sulawesi Selatan, akhir Agustus 2021 lalu. Sebanyak 1500 vaksin yang didatangkan khusus Aliyah untuk warga binaan di Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) Gunung Sari.

Hari pertama vaksinasi, sebanyak 700 narapidana disuntik vaksin di Lapas Gunung Sari, dan disaksikan langsung Aliyah Mustika Ilham didampingi Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto; Kepala Lapas Kelas I Makassar Hernowo Sugiastanto; Kepala Poltekkes Kemenkes Makassar Agustian Ipa; dan Kepala KKP Kelas I Makassar Muh Haskar Hasan.

Anggota Komisi IX DPR RI ini menyampaikan, vaksin yang disalurkannya tersebut, sebagai wujud perhatian kepada narapidana di Lapas Kelas I Makassar. “Para warga binaan ini, juga memiliki hak sebagai warga negara Indonesia, mereka juga berhak untuk hidup sehat dan wajib dilindungi dari Covid-19,” kata politisi Partai Demokrat tersebut.

Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham melaksanakan vaksinasi di Lapas Kelas I. Foto: Ist/nvl

Lebih lanjut, Aliyah menambahkan, bersama Kemenkumham dan Kemenkes RI, pihaknya sudah membangun komitmen bersama agar vaksinasi ini bisa berimbang dan merata, termasuk warga binaan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. “Kegiatan ini terlaksana berkat kolaborasi yang baik dengan KKP, Poltekkes, dan Pemerintah Provinsi. Agar sehat wargaku, sehat bangsaku, dan sehat negeriku,” harap legislator dapil Sulsel I tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasi atas kepedulian Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham yang sangat pro aktif membantu masyarakat dari berbagai lapisan. Ia juga memberikan motivasi kepada warga binaan, agar tidak berputus asa, sebab rezeki seseorang, Allah kadang datangkan dari arah yang tidak disangka-sangka.

Andi Sudirman mencontohkan kedatangan Aliyah, tiba-tiba membawa vaksin untuk warga binaan, sebagai rejeki yang tak disangka-sangka. “Saya mewakili seluruh masyarakat Sulawesi Selatan berterima kasih kepada Ibu Aliyah Mustika yang sangat peduli kepada masyarakat, khususnya warga di Makassar. Sebagai wakil rakyat, Ibu Aliyah datang setiap saat membantu warga, bukan datang saat ada maunya nanti,” apresiasi Andi Sudirman. sf/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)