Ahmad Sahroni: Berharap Olahraga Sepeda Makin Digemari

Bersepeda menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk berolahraga dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, terutama dalam masa pandemi ini. Tak hanya menyehatkan, kegiatan bersepeda juga menjadi kegiatan relaksasi bagi sebagian orang untuk melepas penat dari rutinitasnya.

Sepeda bukanlah hal yang asing bagi Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Olahraga ini sudah digelutinya sejak lama, atau ketika sedang ramai-ramainya sepeda jenis Pixie. Hingga saat ini, meski dilanda pandemi Covid-19, Sahroni menjadi lebih giat bersepeda tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan seperti social distancing.

“Salah satu alasannya adalah aman untuk kondisi pandemi Covid-19, karena tidak di dalam ruangan, dan tidak kontak langsung dengan orang lain,” terang Sahroni dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini. Bersepeda juga dijadikan Sahroni sebagai sarana untuk memperkuat silaturahmi.

Di sela-sela kesibukannya sebagai wakil rakyat, Sahroni menyempatkan untuk bersepeda satu hingga dua kali dalam sepekan. Sedangkan rute yang dilalui pria asli Jakarta ini umumnya seperti di Jakarta Utara, daerah PIK (Pantai Indah Kapuk), atau di Senayan.

“Satu hal yang saya perhatikan juga bahwa semakin ke sini, rute bersepeda di Jakarta makin banyak dan bagus, hingga menyenangkan sekali bersepeda di ibu kota. Selain di Jakarta, saya bersama komunitas sepeda yang saya bina juga aktif bersepeda ke daerah-daerah lain seperti Pulau Jawa, Bali, hingga Sumatera,” terang Anggota Badan Anggaran DPR RI.

Saat ini, politisi Fraksi Partai NasDem ini membina dua komunitas sepeda, yakni ASC (Ahmad Sahroni Center) Gowes dan ASC Cycling. Adapun ASC Gowes ini sifatnya lebih santai dan mewadahi siapa saja yang hobi bersepeda. Para anggotanya juga berasal dari lintas daerah, tidak hanya dari DKI Jakarta saja. Informasi mengenai ASC Gowes ini bisa dilihat langsung pada akun instagram @ascgowes yang menginformasikan serangkaian kegiatan dari ASC Gowes.

Sedangkan ASC Cycling, lebih berorientasi kepada pembinaan atlet, mulai dari pembinaan atlet muda hingga event kompetisi sepeda yang bertujuan untuk mengembangkan potensi para atlet sepeda Indonesia.

Sahroni berharap, hobi bersepeda yang sedang digemari di Indonesia ini bisa terus dikembangkan dan mendapat perhatian secara baik, agar dapat menciptakan atlet-atlet sepeda baru yang berkualitas. “Kemudian harapan saya juga semakin banyak kompetisi-kompetisi sepeda yang bisat diikuti oleh siapa saja. Biasanya dari kompetisi tersebut, kita bisa menemukan atlet baru yang perlu mendapatkan binaan,” terangnya. l  hal/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)