Adang Daradjatun: Rasakan Manfaat Olahraga Rutin Berolahraga Sedari Muda

Di tengah kesibukannya sebagai wakil rakyat, Anggota DPR RI Adang Daradjatun selalu menyempatkan di sela waktu luang untuk berolahraga. Bahkan dirinya ini secara khusus meluangkan waktu minimal dua jam sehari untuk berolahraga.

Adang Daradjatun saat menyalurkan hobinya. Foto: Ist/nvl
Adang Daradjatun saat menyalurkan hobinya. Foto: Ist/nvl

Selain olahraga dua jam rutin di pagi hari, tiap pekan Adang juga kerap menyempatkan hobinya bermain golf. ”

Masih tetap bugar meskipun di usia yang sudah menginjak 73 tahun, mantan Wakapolri ini mengungkapkan bahwasanya olahraga merupakan salah satu cara untuk menyegarkan pikiran dan fisik serta menambah kegembiraan di tengah aktivitas sehari-hari.

“Hari hari saya banyak rapat, dan itu duduk. kalau tidak diimbangi olahraga bisa susah. Pertama saya bangun setelah shalat, udah pasti stretching, lalu saya senam, jalan cepat selama sekitar setengah jam, Lalu setelah itu saya naik sepeda statis dengan beban 2 tahap setengah jam, lalu saya sit up, dilanjuti dumbbell, terakhir saya stretching lagi,” ungkap Politisi Fraksi PKS ini pada Parlementaria.

Selain olahraga dua jam rutin di pagi hari, tiap pekan Adang juga kerap menyempatkan hobinya bermain golf. Adang bercerita, bahwa hobinya bermain golf terbentuk karena ayahnya. Saat kecil, ayahnya sering mengajak turun ke lapangan golf, untuk sekedar melihat dan menemani sang ayah. Memori ini lah yang kemudian membuatnya sangat akrab, dan kini menjadikan golf sebagai salah satu hobinya.

Hobinya bermain golf ini dikatakannya hanya dilakukan ketika diakhir pekan saja, hal ini dilakukan agar hobinya tak mengganggu pekerjaan utamanya sebagai legislator. Adang yang juga merupakan Ketua Golf Alumni SMA 1 Jakarta ini mengatakan, kerap kesulitan mencari teman bermain yang seusia dengannya hingga kadang harus bermain dengan anak-anak yang jauh dibawah usianya.

“Saya repot sekarang teman-teman main saya pada umumnya umur 50 dan anak-anak muda. Bisa lihat di Instagram saya, teman-teman main saya, ya adik kelas saya kalau yang seumur-umur saya udah mulai jarang yang main, yah minimal kita menjadi merasa muda juga,” kata Adang sambal tertawa.

Adang tak memungkiri, bahwa hobinya dalam berolahraga ini memang terbentuk dari didikan keluarga. Di mulai dari didikan Sang Ayah, kini menurun hingga ke cucu-cucu Adang sendiri pun gemar berolahraga. “Orang tua itu mewarnai anak-anaknya, ujungnya cucunya, jadi harus berolahraga. memang kebetulan orang tua saya, kakak, saya hampir seluruhnya olahragawan. Hampir seluruhnya, dan sampai saat ini anak-anak, saya, cucu saya olahragawan” ucapnya.

Diakhir dialog, Adang juga berpesan pada para generasi muda untuk senantiasa membiasakan diri untuk berolaraga. Karena menurutnya, efek dari olahraga adalah jangka panjang dan baru sangat dirasakan manfaatnya ketika usia senja datang. we/es

Bagian Penerbitan

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)