Apresiasi Transformasi KAI, BURT Dorong Peningkatan Pelayanan

[Wakil Ketua BURT DPR RI Novita Wijayanti saat mengikuti pertemuan Tim Kunker BURT DPR RI dengan Direksi KAI dan jajaran Daop 8 Surabaya, di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/6/2022). Foto: Sofyan/nvl]

 

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti mengapresiasi transformasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang telah memberikan keselamatan, kenyamanan, dan kebersihan yang semakin membaik kepada penumpang. Khusus untuk pelayanan keprotokolan kepada Anggota DPR RI dan pejabat negara, Novita mendorong adanya peningkatan, sehingga pelayanan dapat lebih maksimal.

 

“BURT datang ke Stasiun Pasar Turi. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun terbesar di Surabaya. Kita melihat fasilitas yang ada di stasiun. Fasilitasnya sudah bagus, tepat waktu. Kita berharap untuk tetap ditingkatkan terus menerus. Sehingga pelayanan kepada pejabat negara, terutama kepada masyarakat, bisa maksimal,” kata Novita usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja BURT DPR RI dengan Direksi KAI dan jajaran Daop 8 Surabaya, di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (12/6/2022).

 

Dalam kesempatan ini, guna mendukung pelayanan keprotokolan kepada Anggota DPR RI, Novita meminta jajaran Daop 8 Surabaya untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh stasiun di bawah koordinasi Daop 8 Surabaya. Mengingat Daop 8 Surabaya membawahi sebanyak 52 stasiun. Diketahui Sekretariat Jenderal DPR RI telah melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan  PT KAI pada 22 Desember 2021 lalu, terkait dengan pelayanan keprotokolan kepada Anggota DPR RI.

 

“Saya minta kepada jajaran direksi KAI untuk dapat melakukan sosialisasi, protap dan SOP-nya bagaimana, dalam memberikan pelayanan (keprotokolan kepada Anggota DPR RI). Karena bukan hanya pelayanan, karena keamanan dan kenyamanan. front office juga harus tahu bagaimana memberikan pelayanan yang baik. Tidak hanya pejabat, tapi masyarakat juga,” tandas politisi Partai Gerindra tersebut.

 

Selain itu, Novita juga memberikan support adanya penambahan gerbong penumpang, mengingat tingginya traffic perjalanan kereta. Termasuk penambahan jadwal kereta luxury, namun tetap menjaga pelayanan kepada kelas lainnya, seperti eksekutif, ekonomi dan bisnis. Anggota Komisi V DPR RI tersebut memberikan perhatian kepada keberadaan palang pintu perlintasan kereta. Ia meminta palang pintu perlintasan kereta yang liar dan membayahakan, untuk bisa ditertibkan. “Jangan lagi ada palang-palang pintu liar,” tandas Novita.

 

Menanggapi berbagai masukan dari BURT DPR RI, Direktur Pengelolaan Sarana PT KAI Eko Purwanto mengatakan pihaknya akan memperluas sosialisasi terkait pelayanan protokoler kepada Anggota DPR RI. Pihaknya juga telah menyiapkan pelayanan di stasiun dan ketersediaan tempat duduk di gerbong kereta. Dalam hal ini jika ada kebutuhan tempat duduk di kereta bagi Anggota DPR RI dan pejabat negara lainnya yang mendadak melakukan perjalanan dinas. Eko memastikan pihaknya akan menjalankan komunikasi dengan protokoler di DPR, sehingga KAI bisa memberikan pelayanan untuk kepentingan transportasi kereta api.

 

“Saya juga terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota BURT, telah memberikan apresiasi dan memberikan catatan-catatan untuk perbaikan ke depan. Menjadi motivasi ke kami, seperti contoh untuk kebersihan, fasilitas (kepada) balita, pelayanan kesehatan, ini akan kami lakukan improvisasi. Terus kebutuhan gerbong luxury, ini juga sedang kami siapkan, karena masih ada keterbatasan armada. Ternyata peminatnya cukup besar. Catatannya sudah kami note, dan kami tindaklanjuti karena itu akan menbuat kereta api menjadi lebih baik,” tandas Eko. (sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)