#Kesejahteraan Rakyat

Aspirasi Komisi VIII Terakomodir Embarkasi Haji Medan Kian Tampak Berbenah

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, saat meninjau fasilitas serta sarana prasarana pada Embarkasi Haji Medan, Sumatera Utara. Foto: Bianca/vel.
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, saat meninjau fasilitas serta sarana prasarana pada Embarkasi Haji Medan, Sumatera Utara. Foto: Bianca/vel.

PARLEMENTARIA, Medan – DPR RI, melalui Komisi VIII, melakukan fungsi pengawasan pelaksanaan Ibadah Haji dengan salah satunya mengunjungi Embarkasi Haji Medan, Sumatera Utara. Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang menilai Embarkasi Medan sudah semakin berbenah dengan memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya kepada Jemaah Haji.

Berbagai hal yang menjadi perhatian Marwan adalah telah tersedianya tempat makan bagi lansia. Mengingat tema haji tahun ini masih mengambil tema Haji Ramah Lansia. Selain itu, berdasarkan aspirasi tahun lalu, yakni penginapan khusus bagi lansia, juga telah diakomodir oleh Embarkasi Medan dengan mengutamakan lansia berada di kamar lantai bawah, untuk memudahkan lansia dalam beraktivitas.

“Pada dasarnya pelaksanaan tahun ini saya kira berjalan baik, belum ada hambatan dan prosesi kita di dalam hal penyambutan dan pemberangkatan cukup baik. Tapi tentu perlu ditingkatkan, seperti kita lihat hal-hal yang mana saja yang perlu ditingkatkan. Umpamanya hari ini hujan antara koridor hotel penginapan ke acara masih ada ruang terbuka perlu ada kanopi itu. Itu hal-hal yang nggak bisa kita selesaikan sekarang,” katanya kepada Parlementaria, di Medan, Kamis (16/5/2024).

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut Embarkasi Medan menyuarakan kebutuhan mobil golf sebagai transportasi untuk membantu mobilitas lansia. Menanggapi hal ini, Marwan yang pada kesempatan yang sama bertemu dengan Wakil Kota Medan Bobby Afif Nasution langsung berdiskusi dengan Bobby yang kemudian direspon cepat dengan pemberian fasilitas dua mobil golf kepada Embarkasi Medan dari Pemkot Medan.

Salah satu aspirasi Komisi VIII yang langsung dieksekusi Pemkot Medan adalah mengenai permintaan untuk menghadirkan dua mobil golf. Fasilitas tersebut digunakan bagi petugas maupun jemaah haji, khususnya lansia.

“Tadi ada kebutuhan mobil golf untuk lansia, kita nggak punya, nggak ada. Saya bisikin Pak Wali Kota, ternyata oke. Saya dengar akan difasilitasi paling tidak dua mobil golf tadi. Itu saya kira ada hambatan-hambatan di kita tapi kalau diperbincangkan, didiskusikan dengan pihak lain ada juga jalan keluar begitu,” terang Politisi Fraksi PKB ini.

Diketahui, tak lama usai agenda pemberangkatan jemaah haji kloter 4 Embarkasi Medan berlangsung, terlihat satu mobil golf telah sampai dan terparkir di halaman Embarkasi Medan. Pada kesempatan tersebut, Marwan didampingi Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis langsung mengecek dan menjajal mobil pemberian Pemkot Medan tersebut. Marwan berharap mobil golf tersebut dapat bermanfaat bagi petugas maupun jemaah haji di Embarkasi Medan. •bia/rdn

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *