#Industri dan Pembangunan

Komisi IV Dorong Tambahan Anggaran untuk Pupuk Bersubsidi

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini. Foto: Arief/nr.
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini. Foto: Arief/nr.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mendorong tambahan anggaran untuk pupuk bersubsidi. Ia berharap Kementerian Pertanian untuk meminta tambahan anggaran untuk hal tersebut. Sebab, subsidi pupuk sangat dibutuhkan oleh petani.

“Pupuk subsidi memang kalau kita lihat anggaran yang diberikan itu tidak cukup dari hitungan subsidi yang harus diberikan kepada petani. Jadi harusnya kebutuhannya kan Rp70 triliun tapi yang dipunya oleh negara untuk membiayai itu Rp25 triliun, itu jauh banget,” ujar Anggia kepada Parlementaria di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Dorongan untuk menambah anggaran untuk pupuk bersubsidi tersebut, lanjut Anggia, penting mengingat pupuk menjadi salah satu masalah nasional dan merupakan kebutuhan bagi petani di Indonesia. Oleh sebab itu, penambahan anggaran nantinya juga diharapkan diikuti dengan tata kelola yang lebih baik lagi.

Sehingga ketersediaannya dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. “Dengan catatan dengan tata kelola yang lebih baik lagi tentunya. Karena memang hari ini tata kelolanya masih berantakan. Oleh karena itu harus lebih baik lagi dan memang tersedia cukup dan bisa diakses oleh masyarakat,” jelas Politisi Fraksi PKB ini. •bia/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *